Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 02 Februari 2012

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

ibu hendak melahirkan

Mungkin setiap wanita yang pernah memberitahu anda tentang pengalamannya sebelum melahirkan akan menceritakan kisah yang berbeda. Proses dan pengalaman melahirkan anda pun tidak akan selalu sama. Namun secara umum, informasi mengenai tanda-tanda melahirkan juga penting untuk diketahui ibu agar lebih siap nantinya :)

6 tanda-tanda akan melahirkan:


1 Lebih mudah:
Anda serasa dapat bernapas lebih mudah lagi! Ini merupakan indikasi bahwa posisi bayi telah menurun, menetap lebih dalam ke daerah panggul dan mengurangi beberapa tekanan pada diafragma Anda, sehingga pernafasan terasa lebih mudah. Tekanan pada kandung kemih juga bisa meningkat, yang berarti akan lebih sering ke kamar mandi. Orang lain mungkin mengomentari penampilan anda yang berubah, walaupun anda tidak menyadarinya sama sekali.

2. Klep lendir Terbuka
Selama kehamilan, ada sejenis sumbat lendir yang berfungsi melindungi serviks anda dari bakteri yang akan memasuki rahim.
Ketika rahim mulai menipis dan lebih rileks (akibat otot rahim mengerut), sumbat ini dikeluarkan. Beberapa wanita mengira sumbat ini terlihat padat seperti gabus, tetapi sebenarnya lendir berserabut. Warna klep ini bisa jelas, merah muda atau seperti darah dan dapat muncul menit, jam atau bahkan berhari-hari sebelum persalinan dimulai. Tidak semua wanita melihat tanda ini.

3. Pecah ketuban
: cairan ketuban keluar! Hanya 1 dari 10 pengalaman wanita yang dramatis menyemburkan cairan ketuban. Dan itu pun biasanya terjadi di rumah, sering di tempat tidur.

Kadang-kadang kantung ketuban pecah sebelum persalinan dimulai. Cairan ini membantu proses kelahiran lebih mudah, karena jalur lahir akan lebih licin.
Cukup sulit membedakan urin dari cairan ketuban. Anda perlu mencoba untuk menentukan apakah cairan tersebut berbau seperti urin atau tidak berbau. Jika tidak tampak seperti urin, anda sebaiknya menghubungi dokter kehamilan anda.

4. Penipisan serviks. Biasanya pada bulan terakhir sebelum melahirkan leher rahim mulai meregang dan tipis. Ini berarti bagian bawah rahim sudah lebih siap untuk proses pengiriman bayi. Leher rahim yang tipis juga akan memungkinkan leher rahim membesar lebih mudah.

5. Dilation/Pelebaran: Pembukaan pada leher rahim. Pelebaran adalah proses pembukaan leher rahim dalam persiapan untuk persalinan. Pelebaran ini biasanya diukur dalam sentimeter.
"Fully dilated(Sepenuhnya melebar)" berarti ukuran leher rahim anda berada di 10 cm dan siap untuk melahirkan.



Satu tanda PASTI bahwa anda siap untuk melahirkan


6. Kontraksi yang Konsisten:

Ketika Anda mulai mengalami kontraksi yang teratur, ini adalah indikasi kuat bahwa Anda berada siap untuk melahirkan (tanda-tanda mau melahirkan lebih jelas).

Ini adalah saat yang tepat untuk mencatat waktu interval saat kontraksi dimulai dan berapa lama kontraksi bertahan.
Kontraksi ini mungkin serasa seperti kram saat menstruasi atau seperti nyeri punggung bagian bawah yang datang dan pergi.

Pada tahap awal persalinan, interval kontraksi terjadi antara 20 sampai 30 menit. Setelah selang beberapa jam kontraksi biasanya akan mulai terjadi pada interval yang lebih pendek, dan anda mungkin merasa terjadi setiap 10-15 menit atau kurang. Ketika kontraksi secara konsisten terjadi dalam 5 menit, sekarang saatnya untuk menghubungi dokter kandungan anda.

Kontraksi tanda-tanda akan melahirkan bisanya berciri-ciri seperti berikut:
- Lebih regular.
- Memiliki pola yang dapat diprediksi (misal: setiap 6 menit).
- Jarak tiap Kontraksi terus mendekat, lebih lama, dan terasa semakin kuat.
- Setiap kontraksi dirasakan pertama di daerah punggung bawah dan kemudian berlanjut ke depan atau sebaliknya.
- Merubah posisi tubuh/aktivitas tidak akan memperlambat/menghentikan kontraksi.
- Darah bisa saja keluar.
- Dokter akan melihat perubahan pada serviks, seperti penipisan (thinning), atau pelebaran (dilation).


Berikut ada ilustrasi video singkat ketika anda akan melahirkan:




Semoga informasi tanda-tanda melahirkan ini bermanfaat. Silakan berbagi pengalaman seputar kehamilan anda dikolom komentar :)

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive