Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 26 Februari 2012

Proses Pengangkutan Air dan Garam Mineral Pada Tumbuhan

Proses Pengangkutan Air dan Garam Mineral -Pengangkutan air dan garam - garam mineral pada tumbuhan tingkat tinggi,seperti pada tumbuhan biji dilakukan melalui dua mekanisme pertama, air danmineral diserap dari dalam tanah menuju sel - sel akar.

Pengangkutan ini dilakukan diluar berkas pembuluh, sehingga disebut sebagaimekanisme pengangkutan ekstravaskuler. kedua , air dan mineral diserap olehakar. selanjutnya diangkut dalam berkas pembuluh yaitu pada pembuluh kayu(xilem), sehingga proses pengangkutan disebut pengangkutan vaskuler.

Air dan garam mineral dari dalam tanah memasuki tumbuhan melalui epidermisakar, menembus korteks akar, masuk ke stele dan kemudian mengalir naik kepembuluh xilem sampai pucuk tumbuhan.
a.Pengangkutan Ekstravaskuler
Dalam perjalanan menuju silinder pusat, air akan bergerak secara bebas diantara ruang antar sel. Pengangkutan air dan mineral dari dalam tanah di luarberkas pembuluh ini dilakukan melalui 2 mekanisme, yaitu apoplas dan simplas.

1. Pengangkutan Apoplas

Pengangkutan sepanjang jalur ekstraseluler yang terdiri atas bagian takhidup dari akar tumbuhan, yaitu dinding sel dan ruang antar sel. air masukdengan cara difusi, aliran air secara apoplas tidak tidak dapat terus mencapaixilem karena terhalang oleh lapisan endodermis yang memiliki penebalan dindingsel dari suberin dan lignin yang dikenal sebagai pita kaspari. Dengan demikian,pengangkutan air secara apoplas pada bagian korteks dan stele menjadi terpisah.

2. Pengangkutan Simplas

Padap engangkutan ini, setelah masuk kedalam sel epidermis bulu akar, airdan mineral yang terlarut bergerak dalam sitoplasma dan vakuola, kemudianbergerak dari satu sel ke sel yang lain melaluivplasmodesmata. Sistempengangkutan ini , menyebabkan air dapat mencapai bagian silinder pusat. Adapunlintasan aliran air pada pengangkutan simplas adalah sel - sel bulu akar menujusel - sel korteks, endodermis, perisikel, dan xilem. dari sini , air dan garammineral siap diangkut keatas menuju batang dan daun.

b. Pengangkutan melalui berkas pengangkutan (pengangkutanintravaskuler)
Setelah melewati sel - sel akar, air dan mineral yang terlarut akan masuk kepembuluh kayu (xilem) dan selanjutnya terjadi pengangkutan secara vertikal dariakar menuju batang sampai kedaun. Pembuluh kayu disusun oleh beberapa jenissel, namun bagian yang berperan penting dalam proses pengangkutan air danmineral ini adalah sel - sel trakea. Bagian ujung sel trakea terbuka membentukpipa kapiler. Struktur jaringan xilem seperti pipa kapiler ini terjadi karenasel - sel penyusun jaringan tersebut tersebut mengalami fusi (penggabungan).Air bergerak dari sel trakea satu ke sel trakea yang di atasnya mengikutiprinsip kapilaritas dan kohesi air dalam sel trakea xilem.

0 komentar :

Posting Komentar

Blog Archive