Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 24 Februari 2012

Android 2.2, Windows Phone 7, Symbian 3, iOS 4 dan BlackBerry 6

Perbandingan Android 2.2, Windows Phone 7, Symbian 3, iOS 4 dan BlackBerry 6 menarik disimak karena saat ini smartphone bukan hanya digunakan untuk berbicara, tetapi juga digunakan sebagai perangkat komunikasi untuk E-mail, Facebook, Twitter dan chat saat di rumah Anda pun dapat menghubungkannya ke PC.

Sebelum memutuskan membeli smartphone pastikan sistem mana yang menyediakan semua fungsi tersebut dengan mudah.

Android 2.2 : Serbaguna
Jumlah Aplikasi    : 95.154
App Store           : Android Market
Smartphone         : Htc desire mobile phone
Kelebihan            : Android tergolong sistem yang fleksibel. Pengguna bisa mengombinasikan Apps, Folder, dan Widgets satu sam lain dan mendownload interface lainnya di Android market. Info bar-nya berguna bagi pengguna, misalnya untuk mengetahui aplikasi(app) yang aktif. Browsernya tergolong cepat, termasuk saat membuka website dengan flash. Yang menarik lagi, pengguna bisa membatalkan pembelian apikasi berbayardan mendapatkan kembali uangnya. Syaratnya, pembatalan dilakukan dalam waktu 15 menit sesudah transaksi. App bisa saling berkomunikasidan menggunakan kontak dan jadwal . Hadirnya Sense interface dan sync tools dari HTC semakin memberi kesan positif.
    Kelemahan :  dibandingkan dengan iOS, Android masih kalh intuitif. Pengguna masih membutuhkan waktu untuk menemukan beberapa opsisistem dan third-party file manager. Selain fungsipencarian yang kurang akurat, banyak juga ditemukan aplikasi “sampah” yang kurang berguna. Terakhir tanpa kartu kredit hanya ada aplikasi grratis. Calon pembeli juga perlu berhati-hati karena masih ada beberapa smartphone Android1.6 di pasaran dan tidak menawarkan update resmi dari produsennya.

Symbian 3 : Peremajan sistem
Jumlah Aplikasi    : 19.625
Store                          : OVI Store
Smartphone            : Nokia N8

    Kelebihan :  dibandingkan versi terdahulu, symbian 3 kini lebih finger friendly dan responsif saat di-input data. Beberapa fasilitas baru yang inovatif dihadirkan nokia pada sistem symbian 3, seperti Web TV, Real multitasking, multiple Homescreen, dan USB OTG (USB On The Go). USB OTG menyediakan fasilitas bgi pengguna smartphone berbasis symbian 3, misalnya Nokia N8 untuk mengakseslangsung file-file yang tersimpan di dallam hard drive eksternal USB , Usb memory card(UFD), atau smartphone lainnya(jika di assign sebagi media storage).
    Kelemahan : seperti symbian versi terdahulu, pengguna yang sehari-hari menggunakan smartphone ini pasti akan sedikit mengeluhkan navigasi menunya yang kurang praktis dan kadang sulit dipahami (nama menu yang terlalu disingkat). Selain itu, panduan saat bernavigasi di interface-nya pun minim. Memang problem ini hanya terjadi pada pengguna veteran (lama) symbian. Performa browser dan keyboard layar sentuhnya yang standar juga merupakan salah satu kelemahan lainnya.

Windows Phone 7 : Pendatang Baru
Jumlah Aplikasi    : 292
Store                          : Marketplace
Smartphone            : LG-E900 Optimus 7

    Kelebihan : Windows Phone 7 memili interface yang berbeda dibandingkan dengan interface smartphone lainnya. Diferensiasi produk sengaja ditempuh Microsoft agar  smartphone mereka berada “diluar” pesaingnya. Interface-nya terdiri atas dua bagian, yaitu sejumlah kotak yang disebut hub dan bagian kedua untuk Tools dan Options. Melalui account Windows Live tersedia layanan mail, contact, calender. Pengguna juga bisa mengakses layanan toko online-nya (Marketplace) dan fasilitas keamanan gratis. Melalui browser dan GPS, pengguna bisa menemukan lokasi, memblokirdan me-reset smartphone.
    Kelemahan: Microsoft melakukan perubahan  radikal pada sistem baru ini. Misalnya, aplikasi pihak ketiga(third party) tidak boleh aktif dilatar belakang, tidak ada folder, akses file multimedia harus melalui Zune, dan data Office harus disimpan dilayanan online SkyDrive. Memang karena masih baru, semau potensi platform mobile ini belum optimal.

0 komentar :

Posting Komentar

Blog Archive