Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 24 Februari 2012

Cara Membersihkan Bulu Ketiak

Cara Mencukur Rambut Ketiak - Sebagian orang memiliki rambut ketiak yang lebat, sementara sebagian lainnya memiliki rambut tipis dan jarang, seperti bulu. Bagi umat Islam, penghilangan rambut di ketiak merupakan anjuran Nabi Muhammad kepada pria dan wanita untuk menjaga fitrah dan kebersihan. Mereka yang enggan menghilangkan bulu ketiak antara lain karena percaya pada mitos bahwa hal itu akan menyebabkan rambut tumbuh lebih tebal. Mitos ini tidak beralasan. Mencukur atau mencabut bulu ketiak tidak akan membuatnya tumbuh lebih tebal.


Berikut cara-cara menghilangkan rambut ketiak:

1. Mencukur

Mencukur dapat menyebabkan ketiak berwarna hitam, untuk menghindarinya ikuti langkah-langkah berikut:

     Oleskan krim atau busa pencukur di ketiak sebelum mencukur. Anda juga dapat menggunakan sampo rambut bila tidak punya.
     Pastikan Anda menggunakan pisau cukur yang tajam. Hal ini penting karena penggunaan pisau tumpul dapat melukai kulit oleh mata pisau yang tidak rata.
     Selalu mencukur searah dengan pertumbuhan rambut.
     Jangan terburu-buru agar Anda tidak tanpa sengaja melukai kulit ketiak Anda.
     Oleskan pelembab kulit setelah selesai bercukur.


2. Waxing/sugaring
Anda bisa melakukan waxing/sugaring sendiri di rumah atau meminta profesional kulit/kecantikan untuk melakukannya. Keuntungan dari waxing/sugaring adalah biayanya relatif terjangkau dan memberikan hasil lebih tahan lama daripada mencukur. Kerugiannya adalah beberapa orang merasa teknik ini sulit untuk diterapkan dan takut mengalami rasa sakit. Hal ini tidak terjadi jika waxing/sugaring dilakukan dengan benar.

3. Krim penghilang rambut
Keuntungan menggunakan krim adalah kemudahan penggunaannya dan dalam beberapa minggu ketiak Anda bebas rambut. Kerugiannya, bila kulit ketiak Anda sensitif maka krim ini dapat menyebabkan iritasi kulit yang tidak nyaman. Bila menggunakan krim ini, selalu ikuti petunjuk pemakaiannya, dan jika ragu-ragu cobalah oleskan sedikit krim pada kulit yang kurang sensitif terlebih dahulu. Setelah menggunakan krim ini, gunakanlah krim pelembab karena beberapa bahan kimia yang digunakan dalam krim penghilang rambut bisa membuat kulit menjadi kasar.

4. Elektrolisis
Teknik ini relatif baru dan merupakan satu-satunya metode yang benar-benar dapat menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Dalam teknik ini, folikel rambut dialiri arus listrik kecil untuk membunuh sel-selnya.
Elektrolisis dapat mengiritasi kulit, karena itu ada beberapa tahapan penyembuhan setelah perawatan. Pasien harus berhati-hati agar menghindari terjadinya kerutan dan iritasi pada kulit ketiak.

5. Bubuk tawas
Penggunaan bubuk tawas yang mengandung aluminium sulfat pada ketiak tidak hanya mengurangi dan menghilangkan bulu ketiak, tetapi juga bisa mencerahkan kulit ketiak yang hitam karena iritasi.
Setelah mandi, gosokkan lemon iris dan gunakan bubuk tawas secara merata pada kedua ketiak, jika perlu gunakan juga |sodium hydrogen carbonate|sodium bicarbonate|saleratus} pada ketiak. Basuh ketiak dengan minyak kelapa dan bilas dengan air setelah 20 menit.

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive