Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 27 Februari 2012

ORGAN BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSI KERJANYA

OrganTumbuhan
 
1. Akar
Akar merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi menyerap airdan mineral dari dalam tanah. Tidak semua akar dapat mengisap zat-zat makanan,tetapi hanya bagian tertentu saja yaitu bagian yang belum diliputi gabus danbagian yang belum tua. Bagian yang berperan dalam penghisapan makanan ini mudahmengalami kerusakan karena lingkungan yang tidak cocok, misalnya karena aerasiyang jelek, kurangnya kadar air dalam tanah, tingginya keasaman tanah.

Bagian-bagian akar adalah sebagai berikut.
 
a. Meristem apikal
Meristem apikal terdapat di bagian ujung akar, merupakantitik awal pertumbuhan akar. Pembelahan meristem apikal membentuk daerahpemanjangan, dan kemudian daerah deferensiasi. Daerah diferensiasi dibagimenjadi dua, yaitu:
a. Daerah pendewasaan jaringan primer
b. Daerah jaringan primer yang sudah dewasa. Setelah ituterjadi pertumbuhan jaringan sekunder.

b. Kaliptra
Kaliptra merupakan tudung akar atau bagian yang menutupimeristem apikal. Kaliptra berfungsi sebagai sarung pelindung akar. Tudung akarberasal dari meristem apikal dan terdiri dari sel-sel parenkim. Sel seldipermukaannya terus menerus lepas secara berkesinambungan, dan sel dibawahnyamenjadi berlendir. Sel-sel baru terbentuk pada tudung akar bagian dalam darimeristem apikal.

Struktur anatomi akar dari luar ke dalam adalah sebagaiberikut.
a. Epidermis (lapisan luar/kulit luar)
Epidermis akar terdiri atas satu lapis sel yang tersusunrapat. Epidermis akar umumnya tidak berkutikula. Pada daerah dekat ujung akar,sel-sel epidermis ini termodifikasi menjadi bulu-bulu akar. Bulu akar berfungsiuntuk memperluas bidang penyerapan.

b. Korteks (lapisan pertama/kulit pertama)
Korteks merupakan daerah antara epidermis dengan silinderpusat. Korteks terdiri atas sel-sel parenkim yang berdinding tipis dan tersusunmelingkar. Di dalam korteks terdapat ruang-ruang antarsel sebagai tempatpenyimpanan udara. Fungsi korteks adalah sebagai tempat penyimpanan cadanganmakanan.

c. Endodermis (lapisan antara korteks dan stele)
Lapisan endodermis akar terletak di sebelah dalam korteks,yaitu berupa sebaris sel yang tersusun rapat tanpa ruang antarsel. Dinding selendodermis mengalami penebalan gabus. Penebalan berupa rangkaian berbentukpita. Penebalan seperti pita ini disebut pita kaspari. Penebalan semula berupatitik yang disebut titik kaspari. Penebalan gabus menyebabkan dinding sel tidakdapat ditembus oleh air. Untuk masuk ke silinder pusat, air melalui endodermisyang dindingnya tidak mengalami penebalan yang disebut dengan sel penerus.Endodermis berperan mengatur lalu lintas zat ke dalam pembuluh akar.

d. Stele (silinder pusat, yaitu lapisan tengah akar)
Silinder pusat terletak di sebelah dalam endodermis. Didalamnya terdapat pembuluh kayu (xilem), pembuluh tapis (floem) yang sangatberperan dalam proses pengangkutan air dan mineral, dan perisikel yang beradatepat di sebelah dalam endodermis. Perisikel berfungsi membentuk akar cabang.Akar ini akan menembus ke luar melalui endodermis, korteks, dan epidermis.Pertumbuhan cabang akar ini disebut pertumbuhan endogen. Pada tanaman dikotil,di antara xilem dan floem terdapat kambium ikatan pembuluh. Pada tanamanmonokotil, selain xilem dan floem terdapat empulur tetapi tidak terdapatkambium ikatan pembuluh.

2.Batang
 
Fungsi batang antara lain sebagai berikut :
a. Mendukung tubuh tumbuhan.
b. Sebagai alat transportasi air, mineral, dan bahan-bahanmakanan.
c. Merupakan tempat tumbuhnya cabang, daun, dan bunga.

Struktur batang lebih kompleks dibandingkan dengan akar.Batang ada yang tumbuh di atas tanah dan di bawah tanah. Batang yang tumbuh didalam tanah berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, misalnya pada tanamanjahe. Batang tumbuhan tersusun dari tiga sistem jaringan, yaitu:
a. epidermis
b. korteks
c. endodermis

Jenis batang pada tumbuhan angiospermae ada tiga, yaitu:
1. Tipe lunak berair (herbaseus atau terna). Contoh:Kaktus.
2. Tipe berkayu (lignosus). Contoh: Pohon mangga, pohonberingin, pohon jati.
3. Tipe rumput (kalmus). Contoh: Tanaman padi.

 

0 komentar :

Posting Komentar

Blog Archive