Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 25 Februari 2012

KEMUNCULAN PAHAM NASIONALISME DI INDONESIA

KEMUNCULANNASIONALISME DI INDONESIA - Sejak abad 19 danabad 20 muncul benih-benih nasionalisme pada bangsa Asia Afrika khususnyaIndonesia. Faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya nasionalisme :

1) Faktor dari dalam (internal)

a. Kenangan kejayaan masa lampau

Bangsa-bangsa Asia dan Afrika sudah pernahmengalami masa kejayaan sebelum masuk dan berkembangnya imperialisme dankolonialisme barat. Bangsa India, Indonesia, Mesir, dan Persia pernah mengalamimasa kejayaan sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. Kejayaan masa lampaumendorong semangat untuk melepaskan diri dari penjajahan. Bagi Indonesiakenangan kejayaan masa lampau tampak dengan adanya kenangan akan kejayaan padamasa kerajaan Majapahit dan Sriwijaya. Dimana pada masa Majapahit, mereka mampumenguasai daerah seluruh nusantara, sedangkan masa Sriwijaya mampu berkuasa dilautan karena maritimnya yang kuat.

b. Perasaan senasib dan sepenanggungan akibatpenderitaan dan kesengsaraan masa penjajahan

Penjajahan yang dilakukan oleh bangsa-bangsaEropa terhadap bangsa Asia, Afrika mengakibatkan mereka hidup miskin danmenderita sehingga mereka ingin menentang imperialisme barat.

c. Munculnya golongan cendekiawan

Perkembangan pendidikan menyebabkan munculnyagolongan cendekiawan baik hasil dari pendidikan barat maupun pendidikanIndonesia sendiri. Mereka menjadi penggerak dan pemimpin munculnya organisasipergerakan nasional Indonesia yang selanjutnya berjuang untuk melawanpenjajahan.

d. Paham nasionalis yang berkembang dalambidang politik, sosial ekonomi, dan kebudayaan

  • Dalam bidang politik, tampak dengan upayagerakan nasionalis menyuarakan aspirasi masyarakat pribumi yang telah hidupdalam penindasan dan penyelewengan hak asasi manusia. Mereka inginmenghancurkan kekuasaan asing/kolonial dari Indonesia.
  • Dalam bidang ekonomi, tampak denganadanya usaha penghapusan eksploitasi ekonomi asing. Tujuannya untuk membentukmasyarakat yang bebas dari kesengsaraan dan kemelaratan untuk meningkatkantaraf hidup bangsa Indonesia.
  • Dalam bidang budaya, tampak dengan upayauntuk melindungi, memperbaiki dan mengembalikan budaya bangsa Indonesia yanghampir punah karena masuknya budaya asing di Indonesia. Para nasionalisberusaha untuk memperhatikan dan menjaga serta menumbuhkan kebudayaan aslibangsa Indonesia.

2) Faktor dari luar (eksternal)

a. Kemenangan Jepang atas Rusia (1905)

1904-1905 Jepang melawan Rusia dan tentaraJepang berhasil mengalahkan Rusia. Hal ini dikarenakan, modernisasi yangdilakukan jepang yang telah membawa kemajuan pesat dalam berbagai bidang bahkandalam bidang militer. Awalnya dengan kekuatan yang dimiliki tersebut Jepangmampu melawan Korea tetapi kemudian dia melanjutkan ke Manchuria dan beberapadaerah di Rusia. Keberhasilan Jepang melawan Rusia inilah yang mendorong lahirnyasemangat bangsa-bangsa Asia Afrika mulai bangkit melawan bangsa asing dinegerinya.

b. Perkembangan Nasionalisme di BerbagaiNegara

  • Pergerakan Kebangsaan India
India untuk menghadapi Inggris membentukorganisasi kebangsaan dengan nama ”All India National Congres”. Tokohnya,Mahatma Gandhi, Pandit Jawaharlal Nehru, B.G. Tilak,dsb. Mahatma Gandhimemiliki dasar perjuangan :

  1. Ahimsa (dilarang membunuh) yaitu gerakananti peperangan 
  2. Hartal, merupakan gerakan dalam bentukasli tanpa berbuat apapun walaupun mereka tetapi masuk kantor atau pabrik 
  3. Satyagraha merupakan gerakan rakyat Indiauntuk tidak bekerja sama dengan pemerintah kolonial Inggris. 
  4. Swadesi merupakan gerakan rakyat Indiauntuk memakai barang-barang buatan negeri sendiri
Selain itu adanya pendidikan Santiniketanoleh Rabindranath Tagore

  • Gerakan Kebangsaan Filipina
Digerakkan oleh Jose Rizal dengan tujuanuntuk mengusir penjajah bangsa Spanyol di Wilayah Filipina. Jose ditangkaptanggal 30 September 1896 dijatuhi hukuman mati. Akhirnya dilanjutkan EmilioAquinaldo yang berhasil memproklamasikan kemerdekaan Filipina tanggal 12 Juni1898 tetapi Amerika Serikat berhasil menguasai Filipina dari kemerdekaan barudiberikan Amerika Serikat pada 4 Juli 1946.
  • Gerakan Nasionalis Rakyat Cina
Gerakan ini dipimpin oleh Dr. Sun Yat Sen,yang mengadakan pembaharuan dalam segala sektor kehidupan bangsa Cina. Diamenentang kekuasaan Dinasti Mandsyu. Dasar gerakan San Min Chu I:
  1. Republik Cina adalah suatu negara nasionalCina 
  2. Pemerintah Cina disusun atas dasardemokrasi (kedaulatan berada di tanggan rakyat.
  3.  Pemerintah Cina mengutamakan kesejahteraansosial bagi rakyatnya.
Apa yang dilakukan oleh Dr. Sun Yat Sensangat besar pengaruhnya terhadap pergerakan rakyat Indonesia. Terlebih lagisetelah terbentuknya Republik Nasionalis Cina (1911)

  • Pergerakan Turki Muda (1908)
Dipimpin oleh Mustafa Kemal Pasha menuntutpembaharuan dan modernisasi di segala sektor kehidupan masyarakatnya. Ia inginagar dapat mengembangkan negerinya menjadi negara modern. Gerakan Turki Mudaini banyak mempengaruhi munculnya pergerakan nasional di Indonesia.
  • Pergerakan Nasionalisme Mesir
Dipimpin oleh Arabi Pasha (1881-1882) dengantujuan menentang kekuasaan bangsa Eropa terutama Inggris atas negeri Mesir.Adanya pandangan modern dari Mesir yang dikemukakan oleh Muhammad Abduhmempengaruhi berdirinya organisasi-organisasi keagamaan di Indonesia sepertiMuhammaddiyah.

Intinya dengan gerakan kebangsaan dariberbagai negara tersebut mendorong negara-negara lain termasuk Indonesia untukmelakukan hal yang sama yaitu melawan penjajahan dan kolonialisme di Negaranya.

c. Munculnya Paham-paham baru

Munculnya paham-paham baru di luar negeriseperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi dan pan islamisme jugamenjadi dasar berkembangnya paham-paham yang serupa di Indonesia. Perkembanganpaham-paham itu terlihat pada penggunaan ideologi-ideologi (paham) padaorganisasi pergerakan nasional yang ada di Indonesia.

Baca juga:


Definisi atau Pengertian Paham Liberalisme dan Kapitalisme Modern
 
 
 
 
Definisi atau Pengertian Paham Nasionalisme

0 komentar :

Posting Komentar

Blog Archive