Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 02 Februari 2012

Alasan Anak Laki-Laki Terlambat Bicara

Anda mungkin sudah pernah mendengar sebuah riset yang mengatakan bahwa anak perempuan itu lebih cepat berbicara daripada anak laki-laki. Sayapun sudah lama mengetahui hal ini dan kebetulan tadi barusan dapat artikelnya dari Kompas. Berikut ini adalah penyebab mengapa anak laki-laki terlambat bicara.

Riset terbaru dari Andrew Whitehouse, associate professor dari Perth Telethon Institute for Child Health Research mengatakan hal itu disebabkan oleh kadar hormon testosteron yang tinggi pada janin. Bayi laki-laki yang memiliki kadar testosteron yang tinggi di dalam janin dua kali lebih mungkin mengalami keterlambatan perkembangan bahasa.

"Perkembangan bahasa bervariasi di antara individu. Anak laki-laki umumnya cenderung lebih lamban ketimbang anak perempuan," tambah Whitehouse, yang memimpin penelitian.

Proses penelitian dilakukan dengan mengukur kadar testosteron dalam darah tali pusat dari 767 bayi baru lahir, sebelum memeriksa kemampuan bahasa mereka di tahun pertama, kedua dan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan, anak laki-laki dengan tingkat tinggi testosteron dalam darah tali pusat, dua sampai tiga kali lebih mungkin mengalami keterlambatan bahasa. Janin laki-laki diketahui memiliki 10 kali tingkat sirkulasi testosteron ketimbang perempuan.

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive