Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 25 Februari 2012

SOSIALISME: DEFINISI PENGERTIAN PAHAM SOSIALISME DAN TOKOH-TOKOH

Definisi atau Pengertian Paham Sosialisme - Sosialisme adalah paham yangbertujuan membentuk negara kemakmuran dengan usaha kolektif yang produktif danmembatasi milik perseorangan.

Titik berat paham ini padamasyarakat bukan pada individu sebagai suatu aliran pemikiran / paham tidakdapat dilepaskan dari pengaruh “liberalisme”.

Inti dari paham sosialisme adalahsuatu usaha untuk mengatur masyarakat secara kolektif. Artinya semua individuharus berusaha memperoleh layanan yang layak demi terciptanya suatu kebahagiaanbersama. Hal ini berkaitan dengan hakikat manusia yang bukan sekedar untukmemperoleh kebebasan, tetapi manusia juga harus saling tolong-menolong.

Ciri utama sosialisme adalahpemerataan sosial dan penghapusan kemiskinan. Ciri ini merupakan salah satufaktor pendorong berkembangnya sosialisme. Hal ini ditandai dengan penentanganterhadap ketimpangan kelas-kelas sosial yang terjadi pada negara feodal.
Sosialisme yang kita kenal sekarangini timbul sebagian besar sebagai reaksi terhadap liberalisme abad ke 19.Pendukung liberalisme abad ke 19 adalah kelas menengah yang memiliki industri,perdagangan dan pengaruh mereka di pemerintahan besar akibatnya kaum buruhterlantar.

Tokoh-tokoh sosialisme diantaranyaadalah Thomas Uoge, Robert Owen, Saint Simon, Karl Heinrich Marx dan Proudhon. Namun yang akan saya bahas disini hanya 2 yaitu:

1.     RobertOwen (1881 – 1858)
Berasal dari Inggris, merupakan tokoh pertama yang mengembangkan benihbenihpemikiran sosialisme. Semasa hidupnya, Owen selalu memperhatikan nasib orangkecil/ buruh pabrik.

Bagaimanakah dengan pemikiran Owen tentang sosialisme? Silahkan Anda lanjutkanmembaca uraian ini.

Pemikirannya tentang sosialisme dituangkan dalam buku berjudul “A View ofSociety, an Essay on the Formation of human Character”. Dalam bukunya tersebut,ia menyatakan bahwa lingkungan sosial berpengaruh pada pembentukan karaktermanusia. Ia berusaha mencari caranya dengan meningkatkan kesejahteraanpekerjanya.
2.     KarlHeinrich Marx (1818 – 1883)

Ia menciptakan sosialisme yang didasarkan atas ilmu pengetahuan.
Dikenal sebagai teoritikus dan organisator gerakan sosialisme di Jerman. Iamengembangkan sosialisme secara radikal. Karya Karl Marx yang terkenal adalah“Das Kapital” yang menyatakan bahwa sejarah manusia adalah sejarah perjuangankelas dan pemenang dari peperangan itu adalah kaum proletar ( kaum buruh ).

Sosialisme pada masa penjajahan banyak mendapat simpati dari bangsa pribumi.Paham sosialisme semakin banyak berpengaruh setelah konsep ini dijadikansebagai salah satu senjata menghadapi kolonialisme dan imperialisme. Dinegara-negara Asia – Afrika, banyak pemimpin yang tertarik dengan ajaransosialisme.

Baca juga:


Definisi atau Pengertian Paham Liberalisme dan Kapitalisme Modern
Definisi atau Pengertian Paham Nasionalisme

0 komentar :

Posting Komentar

Blog Archive