Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 22 Februari 2012

Gangguan Kesehatan akibat Kekurangan Energi - Protein (KEP)

Gangguan Kesehatan akibat KekuranganEnergi dan Protein (KEP) - Hasil penelitian di berbagai tempat dan di banyak negara menunjukkan bahwapenyakit gangguan gizi yang paling banyak ditemukan adalah gangguan gizi akibatkekurangan energi dan protein (KEP). Dalam bahasa Inggris penyakit ini disebutProtein Calorie Malnutrition atau disingkat PCM. Ada juga ahli yang menyebutnyasebagai Enery Protein Malnutrition atau EPM, namun artinya sama.

Ada dua bentuk KEP yaitu marasmus dan kwashiorkor. Baik marasmus maupunkwashiorkor keduanya disebabkan oleh kekurangan protein. Akan tetapi padamarasmus di samping kekurangan protein terjadi juga kekurangan energi.Sedangkan pada kwashiorkor yang kurang hanya protein, sementara kalori cukup.Marasmus terjadi pada anak usia yang sangat muda yaitu pada bulan pertamasetelah lahir, sedangkan kwashiorkor umumnya ditemukan pada usia 6 bulan sampai4 tahun.

Ada empat ciri yang selalu ditemukan pada penderita kwashiorkor yaitu sebagaiberikut :
  • Adanya oedema pada kaki, tumit dan bagian tubuh lain seperti bengkak karena ada cairan tertumpuk.
  • Gangguan pertumbuhan badan. Berat dan panjang badan anak tidak dapat mencapai berat dan panjang yang semestinya sesuai dengan umurnya.
  • Perubahan aspek kejiwaan, yaitu anak kelihatan memelas, cengeng, lemah dan tidak ada selera makan.
  • Otot tubuh terlihat lemah dan tidak berkembang dengan baik walaupun masih tampak adanya lapisan lemak di bawah kulit.

Istilah marasmus berasal dari bahasa yunani yang sejak lama digunakan sebagaiistilah dalam ilmu kedokteran untuk menggambarkan seorang anak yang beratbadannya sangat kurang dari berat badan seharusnya. Ciri utama penderitamarasmus adalah sebagai berikut :
  • Anak tampak sangat kurus dan kemunduran pertumbuhan otot tampak sangat jelas sekali apabila anak dipegang pada ketiaknya dan diangkat. Berat badan anak kurang dari 60% dari berat badan seharusnya menurut umur.
  • Wajah anak tampak seperti muka orang tua. Jadi berlawanan dengan tanda yang tampak pada kwashiorkor. Pada penderita marasmus, muka anak tampak keriput dan cekung sebagaimana layaknya wajah seorang yang telah berusia lanjut. Oleh karena tubuh anak sangat kurus, maka kepala anak seolah-olah terlalu besar jika dibandingkan dengan badannya.

      Pada penderita marasmus biasanyaditemukan juga tanda-tanda defisiensi gizi yang lain
  • seperti kekurangan vitamin C, vitamin A, dan zat besi serta sering juga anak menderita diare.

0 komentar :

Posting Komentar

Blog Archive