Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 22 Februari 2012

Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin A

Gangguan Kesehatan Akibat KekuranganVitamin A - Vitamin A diperlukan untuk penglihatan. Vitamin tersebut merupakan bagianpenting dari penerima cahaya dalam mata. Selain itu vitamin A juga diperlukanuntuk mempertahankan jaringan ari dalam keadaan sehat. Kulit, pinggiran danpenutup berbagai bagian tubuh, seperti kelopak mata, mata, hidung, mulut,paru-paru dan tempat pencernaan, kesemuanya dikenal sebagai jaringan ari.

Vitamin A juga mempunyai beberapa fungsi yang berkaitan dengan pertumbuhan danperkembangan. Kekurangan vitamin A pertumbuhan menjadi terhambat dan rangkatubuh berhenti tumbuh.

Tanda awal dari kekurangan vitamin A adalah tureunnya kemampuan melihat dalamcahaya samar. Penderita sama sekali tidak dapat melihat apabila memasukiruangan yang agak gelap secara tiba-tiba. Penyakit ini umumnya diderita olehanak-anak.

Terjadinya kekurangan vitamin A adalah sebagai akibat berbagai sebab sepertiberikut ini :
  • Tidak adanya cadangan vitamin A dalam tubuh anak sewaktu lahir karena semasa dalam kandungan, ibunya kurang sekali mengkonsumsi makanan sumber vitamin A.
  • Kadar Vitamin A dalam air susu ibu (ASI) rendah. Hal ini disebabkan konsumsi vitamin A ibu yang rendah pada masa menyusui.
  • Anak diberi makanan pengganti ASI yang kadar vitamin A-nya rendah.
  • Anak tidak menyukai bahan makanan sumber vitamin A terutama sayursayuran.
  • Gangguan penyerapan vitamin A oleh dinding usus oleh karena berbagai sebab seperti rendahnya konsumsi lemak atau minyak.

Kekurangan vitamin A dapat meyebabkan cacat menetap pada mata (buta) yang tidakdapat disembuhkan. Xerophthalmia sebagai akibat kekurangan vitamin A merupakanpenyebab kebutaan tertinggi, dan yang memprihatinkan adalah penderitanya justruanak-anak usia balita yang merupakan tunas bangsa.

Penanggulangan kekurangan vitamin A dilakukan selain dengan jalan penyuluhanguna memperbaiki makanan keluarga agar lebih banyak mengkonsumsi bahan makanansumber vitamin seperti sayuran hijau dan buah-buahan berwarna, dilakukan jugapemberian vitamin dosis tinggi yaitu 200.000 – 300.000 SI kepada anak balita.

2 komentar :

Jufry Malyno mengatakan...

Maaf!!! Tolong kalau copy paste hasil keringat orang, lampirkanlah sumbernya!!! Saya sangat kecewa karena artikel saya yang saya ketik capek2 hanya nampang disini tanpa ada sumber uamanya!!! Artikelnya banyak dari Anak Elang Menggapai Nirwana JinggaMohon diletakkan sumbernya!!!

Tipykal Forex mengatakan...

SILAHKAN CEK TANGGAL POSTINGAN ANDA

Poskan Komentar

Blog Archive