Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 20 Februari 2012

RESEARCH METHOD IN ELT: CONTOH RUMUSAN MASALAH

RESEARCH METHOD IN ELT

A.     LatarBelakang
Implementasi pelajaran BahasaInggris di Sekolah Dasar pada jaman dewasa ini semakin berkembang danbervariasi dalam cara penyampaiannya. Begitu banyak metode yang digunakan agarpengajaran Bahasa Inggris menjadi menyenangkan.

B.     Masalah
Namun, sebagai guru BahasaInggris di salah satu SD di Tarakan, saya melihat secara langsung bagaimanasiswa saya sangat lemah dalam hal membaca atau reading. Ketika mereka saya mintauntuk membaca sebuah teks fungsional pendek, mereka lamban sekali dalammenyelesaikan sebuah bacaan singkat. Setelah saya mendalami jauh permasalahansiswa saya, saya kemudian mendapati bahwa mereka takut untuk membuat kesalahan.

C.     Problemsolving
Dari masalah yang timbul diatas,saya kemudian membuat strategi sederhana yaitu dengan metode Reading Race. Pertama, saya memcobamembaca bacaan tersebut secara lambat kemudian diulangi lagi dengan tempo yangcepat. Kedua, saya meminta mereka mengikuti saya kalimat demi kalimat sebanyakdua kali, lambat dan cepat. Langkah terakhir saya meminta mereka majuberdua-dua dan mereka berlomba membaca cepat tanpa perlu takut membuatkesalahan. Ternyata setelah melakukan metode sederhana ini, mereka tidak malulagi untuk membaca, bahkan membaca cepat, walaupun mereka melakukan kesalahan.

D.     Refleksi
Jika dalam melakukansuatu pekerjaan, seseorang harus memiliki 1001 cara untuk mengatasinya, makaseorang guru harusnya memiliki 2001 cara dalam menangani setiap masalah yang dihadapioleh siswa binaannya. Kita seharusnya menjadi guru yang mampu menyelamipermasalahan siswa dan mengeluarkan mereka dari sangkar permasalahan mereka.

0 komentar :

Posting Komentar

Blog Archive