Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 21 Februari 2012

Jenis Jerawat Dan Penyebab Jerawat

Jerawat, apa sih sebenarnya jerawat itu ? Apa saja macam / jenis jerawat yang ada ? mungkin inilah beberapa pertanyaaan yang ada di benak kita tentang jerawat. Sebenarnya penyakit jerawat ini terjadi karena pori-pori kulit kita tersumbat oleh kotoran, sehingga minyak / sebum yang dihasilkan oleh kelenjar dibawah kulit kita (yang biasa disebut dengan kelenjar sebasea) beserta dengan sel kulit mati, dan kadangkala juga disertai bakteri tersebut terjebak dibawah lapisan kulit luar dan tak bisa keluar secara lancar. Akibatnya terjadilah iritasi atau peradangan di area tersebut.

Pada umumnya, jerawat ini mulai muncul di usia puber dan akan berhenti dengan sendirinya pada usia dewasa sekitar 25 tahun ke atas tapi tidak jarang juga masih berlanjut walaupun sudah melewati usia tersebut. Masalah jerawat ini, walaupun bisa dibilang normal jika terjadi pada masa puber karena memang sangat dipengaruhi oleh masalah hormonal yang sedang melonjak, tapi masalah jerawat ini bisa memberikan akibat lebih buruk pada jenis kulit yang sangat berminyak, apalagi jika kulit tersebut tidak dijaga kebersihannya sehingga akan semakin diperparah dengan adanya bakteri yang hinggap di jerawat tersebut.

Ada banyak sekali jenis jerawat, namun yang sering terjadi secara umum adalah tiga jenis jerawat di bawah ini :

1. Jerawat Biasa
Tampilan dan bentuk dari jerawat jenis biasa atau yang biasa disebut dengan jerawat klasik ini sangat mudah untuk dikenali yaitu benjolan kecil dikulit yang berwarna sedikit kemerahan atau merah muda. Penyebab umum dari jerawat jenis ini adalah stres, faktor hormonal dan udara lembab yang menjadi pemicu bagi kulit untuk memproduksi minyak yang berlebihan sehingga menjadi tempat berkembangnya bakteri dibagian tersebut. Akibatnya pori-pori kulit tersumbat karena adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri tersebut.

2. Jerawat Batu / Jerawat Jagung
Istilah ilmiah dari jerawat jenis ini adalah : Cystic Acne. Bentuknya cukup besar, dengan benjolan yang disertai dengan peradangan. Jerawat batu ini biasanya tersebar hampir di seluruh bagian wajah, sangat berbeda sekali dengan jerawat biasa yang biasanya hanya terdapat di salah satu bagian wajah saja. Jerawat batu ini sering membuat orang yang menderitanya merasa kehilangan percaya diri karena raut wajah yang terkesan sangat tidak menarik. Biasanya jenis jerawat batu ini timbul karena faktor genetik ataupun keturunan yang memiliki sifat sebagai berikut:
  • Kelenjar minyak (kelenjar sebasea) yang bekerja terlalu aktif sehingga akan cenderung mebanjiri pori-pori kulit dengan minyak / sebum.
  • Pertumbuhan sel-sel kulit yang terlalu lambat / di bawah normal, sehingga akan mengakibatkan sel - sel kulit tidak bisa beregenerasi secepat orang yang mempunyai kulit normal.
  • Kulit terlalu sensitif, sehingga memiliki respon yang berlebihan terhadap iritasi / peradangan dan akan meninggalkan bekas di kulit.

3. Komedo
Jerawat dengan jenis komedo adalah jerawat yang terdiri dari dua macam, yaitu :
  • Komedo yang terbuka, jerawat jenis ini akan terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam (titik yang berwarna hitam tersebut adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara).
  • Komedo yang tertutup, jerawat jenis ini memiliki bentuk kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga akan terlihat seperti sebuah benjolan putih kecil-kecil di bawah permukaan kulit.
Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit yang mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Hal ini akan terjadi bila anda tidak rajin membersihkan kulit wajah sehingga sel-sel kulit yang mati akan menumpuk di permukaan dan minyak di permukaan kulit tersebut kemudian menutup sel-sel kulit sehingga akan terjadi penyumbatan. Pemakaian make up dan produk perawatan / penataan rambut yang mempunyai kandungan minyak terlalu banyak pun juga dapat memperparah kondisi jerawat anda.

Sebagai catatan : apapun jenis jerawat anda, janganlah anda memencetnya karena hanya akan memperburuk keadaan jerawat anda. Anda harus bisa menahan diri dari rasa gemas yang ingin sekali memencet jerawat anda sendiri.

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive