Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 22 Februari 2012

GANGGUAN KESEHATAN AKIBAT KEKURANGAN VITAMIN K

GANGGUAN KESEHATAN AKIBAT KEKURANGAN VITAMIN K -Penyakitperdarahan pada bayi baru lahir ditandai dengan kecenderunganmengalami perdarahan, merupakan bentuk dasar dari kekurangan vitamin K.
Hal ini terjadi karena:
- Plasenta tidak mengantarkan lemak dan vitamin K dengan baik
- Fungsi hati dari bayi baru lahir masih belum matang untuk menghasilkanfaktor-faktor pembekuan darah yang cukup (faktor pembekuan adalah protein dalamdarah yang memudahkan pembekuan dan memerlukan vitamin K)
- Usus tidak memiliki bakteri yang menghasilkan vitamin K selama hari-haripertama bayi
- ASI hanya sedikit mengandung vitamin K.
Suatu suntikan vitamin K seharusnya diberikan pada bayi baru lahir untukmelindungi bayi dari penyakit ini.
Bayi yang mendapatkan ASI, yang belum mendapatkan suntikan vitamin K pada saatlahir, sangat rentan terhadap kekurangan vitamin K.

Karena vitamin K larut dalam lemak, penyakit-penyakit yang berhubungan denganpenyerapan lemak, bisa menyebabkan kekurangan vitamin K pada anak-anak dandewasa:
- Penyakit seliak
- Fibrostik kistik.

Mengkonsumsi minyak mineral dalam jumlah yang berlebihan juga bisa mencegahpenyerapan vitamin K.

Kekurangan vitamin K juga terjadi pada orang-orang yang mengkonsumsi obatantikoagulan untuk mencegah terbentuknya bekuan darah.

Gejala utamanya adalah perdarahan (ke dalam kulit, dari hidung, dari sebuahluka atau dalam lambung), yang disertai dengan muntah.

Darah dapat terlihat pada air kemih atau tinja.

Yang paling serius adalah perdarahan ke dalam otak yang bisa terjadi pada bayibaru lahir.

Bila dicurigai adanya kekurangan vitamin K, dilakukan pemeriksaan darah untukmengukur kadar protrombin, salah satu faktor pembekuan darah yang memerlukanvitamin K.
Kadar yang rendah (kurang dari 50% dari normal) menunjukkan adanya kekuranganvitamin K. Tetapi kadar protrombin yang rendah juga dapat disebabkan oleh obatantikoagulan atau kerusakan hati.

Biasanya diagnosa akan semakin kuat jika setelah penyuntikkan vitamin K,terdapat peningkatan kadar protrombin dalam beberapa jam dan perdarahanberhenti dalam 3-6 jam.
Jika penderita memiliki penyakit hati yang berat, hati tidak mampu mensintesafaktor pembekuan walaupun telah disuntikkan vitamin K. Pada kasus seperti inidiperlukan tranfusi plasma untuk melengkapi faktor-faktor pembekuan.

0 komentar :

Posting Komentar

Blog Archive