Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 01 Januari 2012

KOREKSI

by Bambang Sugiarto on Friday, August 26, 2011 at 5:09pm
 
Untuk bisa disebut sebagai koreksi atau pembalikan arah pergerakan harga, manakala sebelum terjadinya pembalikan atau koreksi tsb, harga sedang dalam arah pergerakan yang jelas, naik atau turun. Ketika harga pada kondisi sebagaimana yang saya sebut di atas, up and down candle, ini biasanya disebut side ways atau flat, dimana harga bergerak ke samping atau bergerak dalam kisaran. Lalu pada saat harga keluar dari kisaran tersebut, biasanya disebut dengan break out. Untuk mengkonfirmasi valid atau tidaknya break out tersebut salah satunya dengan melihat perubahan volume yang terjadi, jika didukung oleh volume yang meningkat maka dapat dikatakan break out is valid.

TF yang digunakan untuk melihat trend dan reversal minimal pada TF daily. Untuk break out, bergantung di TF berapa kondisi side ways tersebut terjadi, jika terjadi pada TF intraday, misalnya TF H1, maka jika terjadi break out yg dikonfirmasi oleh peningkatan volume, tentunya bisa masuk/entry di TF H1 tsb, tetapi dengan catatan jika break out ke arah yang berlawanan dengan trend pada TF daily, harus exit hari itu juga atau dengan dengan target yang kecil, dan jika harga break out dari harga kisaran sesuai dengan arah trend pada TF daily, maka Anda bisa hold posisi atau target bisa ditetapkan lebih besar.

Dow mengatakan, "pergerakan harga telah merefleksikan segalanya (Price Discounted Everything)". Apapun informasi dan berita yang berkembang telah tercermin pada pergerakan harga, bahkan Dow mengatakan, "yang paling penting adalah, bukan apa yang bisa menyebabkan harga bergerak saat ini, tapi reaksi apa yang mungkin terjadi terhadap pergerakan harga saat ini.

Tetapi kita bukanlah Dow, demikian pula saya, belum seujung kukunya Charles H. Dow. Suka tidak suka, faktanya pada saat keluar news, harga sering kali bergerak tidak mempedulikan arah tren, begitu pula dengan volume menjadi seakan tak berguna, tetapi seringkali pula, jika arahnya berlawanan dengan tren yang didukung oleh volume akan bersifat sementara, setelah itu harga akan kembali bergerak sesuai dengan arah tren.

Bagi yang treding intraday akan jadi persoalan manakala posisinya berlawanan dengan pergerakan harga setelah news, dan bukan persoalan bagi yang trading swing yang hold posisi berhari-hari sesuai dengan arah tren, karena pergerakan harga sebagai respon dari news tersebut tetap tak dapat merubah arah pergerakan major tren.

happy trading....

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive