Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 31 Januari 2012

Check and Recheck Keimananmu !

iman naik turun

Open Up Your Heart !

Rasulullah SAW dalam sabdanya, ”Iman itu kadang naik kadang turun, maka perbaharuilah iman kalian dengan la ilaha illallah.”  (HR. Ibn Hibban)



Kenapa Keimanan kepada Allah SWT selalu harus di - check and recheck ? Hayo, tahu ndak kenapa...... ?

Ternyata keimanan seseorang itu mudah terkontaminasi. Kadang naik kadang juga turun. Kadang tebal kadang pula tipis. Banyak orang beriman yang paginya beriman, tapi sorenya menjadi kafir. Banyak orang beriman yang kemarin sholatnya full, eh entah karena sebab apa besoknya solat hanya beberapa waktu saja bahkan tidak sholat sama sekali. Namun, iman seseorang juga bisa bertambah melalui bermacam hal seperti mengaji, membaca, melihat atau mendengar suatu kejadian yang dialami oleh seseorang sehingga menyebabkan imannya semakin tebal, Jadi, iman mudah sekali berubah, bisa berkurang juga bisa bertambah.

Orang yang selalu berpengharapan dan optimis bahwa aktivitas sepanjang harinya hanya untuk meraih keridhaan Allah SWT dan rahmat - Nya, dialah orang beriman yang sungguh - sungguh : true believer !

Tapi ada orang yang mempercayai ramalan ramalan, baik tarot, pembacaan kartu, batu kristal atau zodiak ( horoskop ). Itulah orang kafir ! Kafir tidak dalam pengertian dia tidak beridentitas islam, tapi kafir dalam pengertiannya yang sangat mendasar, substil, dan essential yakni tidak menjadikan Allah SWT sebagai Ash - Shamad (tempat bergantung), dan Syirik yakni menduakan, menigakan(3) atau mengempatkan(4) Allah SWT.

So, kita harus bin kudu wajib Check and Recheck Keimanan kita. Bukan check recheck berita gosip lho....
yang betul Check and Recheck Keimanan kita !

Adapun cara menaikkan keimanan kita ( semoga bermanfaat ), yaitu :
- Perbanyak mengaji dan membaca Al-Qur’an, atau bahkan kalau bisa sampai renungkan makna Al Qur'an tersebut, kemudian mengamalkannya.

- Setepat mungkin untuk selalu update sholat lima waktu kita. Syukur syukur ditambah sholat sunnah.

- Perbanyak zikir dalam setiap waktu dan kesempatan. Seperti La ilaha illallah atau Allahu Akbar, atau Subhanallah, atau Alhamdulillah, atau gabungan dari ke empatnya Subhanallah Wal hamdulillah Wa la ilaha illallah. atau zikir lainnya.

- Perbanyak istighfar.

- Bersihkan hati kita dari sifat-sifat buruk. Seperti malas, iri, dengki, hasut, negatif thinking, dll.

- Belajar seikhlas mungkin dalam melaksanakan perintah - Nya ( mengharap selalu ridho - Nya ).

Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat.

Check and Recheck Keimananmu ! ... KEEP BERIMAN !



Sumber :
- Al Qur'anul karim
- Hadits
- Sulaiman, Tasirun. 2009. 40 Sms dari Rasulullah. Erlangga : Jakarta

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive