Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 08 Januari 2012

Jangan memvonis seorang karena dosa dosanya

vonis masuk neraka
Assalamu'alaikum Wr Wb,

Open Up Your Heart !

Memvonis orang masuk neraka dan menuduh bahwa Allah SWT tidak akan mengampuni dosa - dosanya adalah sumpah serapah yang tidak disukai Allah SWT.

Kenapa ? Karena soal mengampuni dosa orang itu hak prerogratif Allah SWT. Jadi, ketika ada orang memvonis atau mengatakan bahwa dia pasti tidak diampuni, maka Allah SWT marah sekali karena dia telah berlaku melampaui kewenangannya sebagai manusia.

Pada substansinya, masuk surga dan masuk neraka itu menjadi milik Allah SWT. Manusia tidak perlu berperilaku seakan akan dirinya adalah agen atau dealer resmi penjualan tiket surga. Kalau manusia diserahi menjadi petugas resmi penjualan tiket ke surga. Ya paling paling kacau dan akan berakhir rusuh ...( misal : saat penyelenggaran SEA GAMES, dan Piala AFF tahun kemarin ). Bukan begitu ?

Ok lanjut lagi. Orang seperti yang digambarkan di atas kelak di akhirat, dikatakan amal kualitas dan mutu perbuatannya akan turun dan jatuh.

Memang, kita semua bisa berpendapat baik atau buruk atas tingkah laku dan perkataan orang lain. Tapi bukan berarti kita berhak memvonis dia akan masuk surga, seperti ilustrasi dibawah ini

" Manusia berkata kepada manusia lain : dia itu orangnya sholat terus , rajin ke pengajian, baik murah senyum. Pasti dia masuk surga. Saya jamin dah dia masuk surga, nggak mungkin dia masuk neraka"


atau ilustrasi memvonis masuk neraka dan tidak terampuni dosa dosanya,

" Manusia berkata kepada manusia lain : dia itu orangnya suka mabuk, berjudi, zina , mencuri. Pasti dia masuk neraka. Saya jamin dah dia masuk neraka, nggak mungkin dia masuk surga, kau pasti tak dapatkan ampunan dari Allah SWT "

Memvonis orang masuk neraka dan menuduh bahwa Allah SWT tidak akan mengampuni dosa - dosanya adalah sumpah serapah yang tidak disukai Allah SWT. Dan bukan haknya manusia melakukan itu. Kalau kita melakukan itu, berarti kita sok tahu/ sombong. Padahal yang Maha Mengetahui adalah Allah SWT.

Hikmah apa yang sobat dapatkan dari postingan dan ilustrasi Jangan memvonis seorang karena dosa dosanya ? Kalau sobat berkenan bisa di ketikkan di kotak komentar.

Sumber : Sulaiman, Tasirun. 2009. 40 Sms dari Rasulullah. Erlangga : Jakarta

Terima kasih. Sekian postingan Jangan memvonis seorang karena dosa dosanya, semoga bermanfaat, Wassalamu'alaikum Wr Wb

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive