Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 31 Desember 2011

Hidup itu hanya ABCDE saja

Assalamu'alaikum Wr Wb, pastinya sobat dokunimus ( dokunimuser ) tahu kan apa itu ABCDE. Yups, ABCDE adalah anggota dari huruf alphabet yang sudah kita pelajari saat kanak kanak dahulu. Terus apa hubungannya ABCDE dengan judul Hidup itu hanya ABCDE saja. So pasti ada hubungannya dong. Mau tahu ! mau tahu ! dokunimuser... ( bergaya bicara bak ustad nur maulana di acara Islam itu Indah at Trans TV ). hahaha, kayaknya terlalu maksa ya nadanya.

Ok, langsung saja ane mulai membahas hubungan hidup dengan ABCDE. Karena blog ini namanya Dokunimus dengan awalan huruf D, maka ane awali pembahasan Hidup itu hanya ABCDE saja dengan huruf D terlebih dahulu.

Huruf D ane samakan dengan Dead / Death = mati / kematian. Bahwa semua yang hidup di dunia termasuk kita manusia akan mati. Jadi jangan sombong, sering seringlah bersyukur, tetaplah rendah hati, perbanyak amal baik dan berharap kita semua mati dalam keadaan khusnul khotimah.

Lanjut ke huruf B dulu ya. Huruf B ane samakan dengan Born / Birth = Lahir / Kelahiran. Bahwa kita manusia semuanya lahir dalam keadaan bersih tanpa dosa. Berhubung kita sudah cukup berumur, dan dosa juga "kayaknya" sering bertambah. Maka, banyak beristighfarlah, dan meminta maaf apabila kita punya salah kepada orang lain. Maafkan ane ya... bila ane punya salah sama kalian. Selain itu kita haruslah berterima kasih kepada ORTU kita yang telah merawat kita sampai begini dengan cara berbakti kepada orang tua, usahakan bicara dengan lemah lembut, tidak membentak. Ingat Ridho Orang Tua adalah Ridho Allah SWT !

Selanjutnya kita menuju huruf diantara B dan D yaitu C . Huruf C ane samakan dengan Choice = pilihan. Dalam hidup ini kita memiliki pilihan. Pilihan untuk menjadi baik, buruk, di antara keduanya. Pilihan untuk menjadi sukses, terpuruk, atau rata rata. Untuk menjalankan pilihan tersebut, sebelumnya kita sudah di bekali modal jiwa, raga, ruh, hawa nafsu, serta akal pikiran. Berhasil atau tidak pilihan itu tergantung pada cara kita berusaha, cara kita berdoa, cara bertawakal, cara bersyukur, hati - hati dalam menjalani hidup dan cara bagaimana kita menyikapi hidup.

Setelah huruf B, C, dan D . Mari kita lanjut ke huruf E.
E... E... E apa ya ...? ( kayak pidato aja bilang E... E... ). Ok, kita hiraukan saja candaan teman saya tadi. Huruf E saya samakan dengan End = akhir . Yaps, akhir.
Dead atau kematian adalah akhir kehidupan kita. Kebahagiaan atau kesengsaraan juga akhir dari pilihan ( Choice ). Tapi itu semua tak ada apa apanya. Akhir yang paling dinanti nanti, siap tidak siap Insya Allah datang atau ada yang menganggap sangat mengerikan adalah datangnya hari akhir zaman ( kiamat ). Dimana pada hari setelah itu amal perbuatan kita akan dimintai pertanggung jawaban. Apakah amalnya baik atau buruk timbangannya. Apakah masuk surga bersama mukmin, ataukah masuk neraka bersama orang yang kufur. So, mari kita siapkan diri kita dengan memperbanyak amal kebaikan, mereduksi kesalahan, jangan takabur, Bermindset-lah bahwa akhirat di atas dunia, bermindsetlah bahwa kita hidup hanya numpang minum ( mampir ngombe ) dan percaya seyakin yakinnya semua di dunia ini pasti akan berakhir.

Selanjutnya huruf apa lagi ya. B sudah, C sudah, D sudah, E sudah. Terus apalagi yang kurang, kok ane jadi lupa...
Think...! Oh ya huruf A lupa ane sebut tadi. Padahal yang paling penting nih. Huruf A saya samakan dengan Allah. Ya Allah SWT.
Atas kehendak Allah kita terlahir di dunia, atas kehendak Allah tercapailah tujuan pilihan kita, atas kehendak Allah kita akan mati, atas kehendak Allah dunia ini akan kiamat. Namun, kita sering lupa terhadap Allah, sehingga kita berbuat kemaksiatan, kebohongan, kedzaliman, tidak berdoa ketika makan, tidak berdoa ketika naik kendaraan, dll. So, Minimalirlah sikap lupa atau bahkan sengaja tidak melaksanakan lima rukun islam, luruskan niat perbuatan ikhlas karena Allah ( lillahi ta'ala ), Imani seyakin - yakinnya 6 rukun iman, reduksi segala bentuk dosa, banyak beristighfar dan bershalawat, berbakti pada orang tua, dan saling tolong menolong antar sesama.

Hidup itu nggak susah susah amat kan sob ?  hanya ABCDE saja kok. Semangat ABCDE !!




                                                                                                                                             Created by

                                                                                                                                                 Ulil Huda

Saya minta maaf kepada sobat semua bila ada salah kata maupun ketikkan. Semoga postingan Hidup itu hanya ABCDE saja bermanfaat bagi kita semua, Wassalamu'alaikum Wr Wb.

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive