Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 18 November 2011

Endotrakeal tube masuk ke dalam pulmo dekstra

et masuk ke pulmo
Endotrakeal Tube ke pulmo dextra
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Mau post apa ya ? Bingung nih. Mendingan posting tugas semester lalu. Itung itung refresh disiplin ilmu kuliah semester kemarin. Tugasnya yaitu

Pertanyaan :
Mengapa endotrakeal tube (ET) bila pemasangannya terlalu dalam akan masuk ke dalam pulmo dekstra ?

Jawab :
Pemasangan ET terlalu ke dalam akan lebih masuk ke dalam pulmo dekstra karena dilihat dari segi anatomi paru-paru  sebelah kanan memiliki bronchus principalis dekstra memiliki diameter yang lebih besar , lebih proximal , lebih pendek , tidak membentuk sudut ( sudut antara trakea dan bronkus kanan lebih mendekati 180ยบ ), dan lebih merupakan lanjutan dari trachea  dari pada bronkus principalis sinister . Hal inilah yang menyebabkan biasanya benda asing ( misal ET , dll )  lebih cenderung masuk ke bronchus principalis dekstra / pulmo dekstra daripada broncus principalis sinistra / pulmo sinister.

anatomi trakea
Klik untuk Perbesar Gambar

DAFTAR PUSTAKA :
1.    Snell,Richard S, . 2006. Anatomi Klinik untuk Mahasiswa Kedokteran; alih bahasa Liliana Sugiharto; Ed 6. EGC : Jakarta.
2.    Efiaty Arsyad Soepardi (eds). 2007. Buku Ajar Ilmu THT Edisi Lima. Jakarta: FK UI
3.    Putz R & R. Pabst. 2005. Atlas Anatomi Manusia Sobotta. Edisi 21 jilid 2. EGC : Jakarta

Dengan ini, semoga dapat mengingatkan saya tentang Sebab Mengapa endotrakeal tube (ET) bila pemasangannya terlalu dalam akan masuk ke dalam pulmo dekstra. Syukur syukur bila postingan ini bermanfaat bagi orang lain. 


Terima kasih, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive