Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 02 November 2011

Cara Belajar Gitar Melodi - Teknik Bermain Melodi Gitar

gitar melodi

Saya sih pemain gitar yang sekadar hobi aja, belajar gitar melodi juga ala kadarnya, tidak pernah kursus, otodidak tapi paling tidak saya bisa mainkan beberapa kunci/chord dan juga mengiringi lagu. Namun saya juga tetap ingin terus belajar menguasai instrumen ini dengan tetap main dan belajar beberapa teori dasar dalam gitar.

Yang paling penting sebenarnya sebelum bermain gitar melodi adalah mengetahui pembentukan dasar teori chord, seperti major, minor, diminished, augmented, suspended. Tapi menurut saya induknya ada di major scale. Setidaknya kita latihan dulu main do-re-mi-fa-so-la-si-do di berbagai kunci dan berbagai posisi fret.

Kita harus bisa memainkan doremi tersebut di kunci manapun C,E,D,A,G,dst..
Karena sebenarnya jenis chord berasal dari sana.
Mayor = 1 -3-5
Minor= 1-b3-5
Diminished=1-b3-b5
Augmented=1-3-5#
Suspended=1-4-5


Lalu penting juga untuk mengetahui progresi dari setiap kunci. Beberapa yang popular adalah 1-4-5 dan 1-6-2-5.
1-4-5 artinya, kalau kita misalkan bermain di nada dasar C,
Maka 1-4-5=C-F-G, dan 1-6-2-5=C-Am-Dm-G


Kalau mau lebih dalam lagi kita bisa menambah wawasan dengan belajar arpegio, skala pentatonik dan juga beberapa lick yang bisa dipakai sebagai template dalam bermain. Tapi kuncinya memang di skala mayor (doremifasolasido) itu. Sebab arpegio juga nadanya dipecah dari situ, hanya setiap not dimainkan secara individual dan terpisah. Pentatonik juga sama, not diambil dari situ, tapi kita cuma ambil 5 nada saja.

Kalo sobat mau, silakan belajar atau mungkin cari teman sebagai tempat belajar, atau guru les sekalian .he..he
saya kebanyakan belajar dari paman saya(sebelum dia menikah), beliau juga gak pernah ikut les gitar. Cuma dulu dia sering manggung waktu muda, belajar pake modal telinga, dan juga curi ilmu dari kawan seperjuangannya.

Sebagi permulaan kemarin saya disuruh main "twinkle-twinkle little star" melodi gitar lengkap dengan kord nya. Dan saya juga harus bisa memainkannya di kunci apa saja. Kedengarannya sepele tapi Wuih.. sulitnya minta ampun. Padahal lebih mudah ngulik lick solo gitaris lain karena ada bantuan tab dan video internet.
Paling tidak sedikit demi sedikit saya udah mulai bisa nangkap melodinya dan bisa memainkannya secara spontan di kunci mana saja.


Untuk tingkat lick sekelas slash, satriani, steve vai,paul gilbert, ya belum la.hahaha.

Kalau kawan ada tips bermain gitar melodi lainnya, silakan ditulis pada kotak komentar dibawah. Mungkin tipsnya akan berguna sama teman diseluruh nusantara yang lain.

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive