Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 27 Oktober 2011

Ubuntu Linux

Company / Developer : Conocial Ltd. / Ubuntu Foundation
Founded : 2004
Founder  : Mark Shuttleworth
Latest Stable : Ubuntu 11.04
Product / Project : Ubuntu Linux

Ubuntu Linux merupakan salah satu distro baru yang saat ini cukup populer di kalangan pengguna Linux. Bahkan setiap negara sudah terdapat komunitasnya. Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyeknya secara resmi disponsori oleh Canonical Ltd.

Ubuntu telah memiliki banyak turunan, salah satunya yang masuk sepuluh besar distro versi Distrowatch adalah Linux Mint. Ubuntu yang awalnya menyertakan desktop GNOME juga memiliki varian berdasarkan desktop yang disertakanm, yakni Kubuntu untuk KDE, Xubuntu untuk XFCE, dan Ubuntu server yang tanpa aplikasi desktop. Turunan Ubuntu lainnya adalah Ubuntu Netbook Remix untuk pengguna Netbook.

Saat ini, Ubuntu Linux sudah mencapai versi 11.04 dengan nama Natty Narwhal. Ubuntu menggunakan penamaan nomor versi yang cukup unik, yaitu berdasarkan tanggal dan tahun rilis. Contohnya adalah Ntty Narwhal terbaru ini dirilis pada April 2011 (11.04).
Sistem manajemen paket yang digunakan pada Ubuntu bernama APT (Advanced Package Manager) dikembangkan oleh para developer GNU/Linux Debian. APT merupakan seperangkat tool untuk mengotomatisasi proses penginstalan, pengonfigurasian, dan pembuangan/removing suatu paket software dari sistem GNU/Linux. Biasanya, sistem ini merupakan bagian sistem operasi yang datang dalam distribusi resmi suatu distro GNU/Linux. Tools sistem manajemen pakaet ini biasa lebih dikenal dengan "paket manager". Paket manager di GNU/Linux biasanya mempunyai kemampuan memeriksa dan mengatur semua paket dalam sistem linux.

Bila diperhatikan, Ubuntu Linux versi terbarunya memiliki perubahan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan versi sebelumnya. Hal yang paling nyata adalah pada perubahan interface grafisnya yang lebih atraktif. perubahan posisi launcher pada sisi kiri desktop pun menambah kesan indah. Ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda, pecinta tampilan dengan menggunakan desktop GNOME.

Tampilan Interface Ubuntu 11.04


0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive