Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 07 Juli 2011

Blogger Matre Ingin Jadi Artis Blog?

Blogger Matre Ingin Jadi Artis Blog?
Curhat lagi, curhat lagi. Jarang ngasih tips blogging ke blogger pemula lainnya, malah keseringan share pengalaman sendiri. Hmm... Tapi tenang ya temen-temen newbie, saya akan tetap memposting tentang tips ngeblog kok. (Sok jadi guru, padahal saya paling pemula, hehe)
Oke-oke, sekarang liat judulnya dulu yuk, blogger matre yang ingin jadi artis blog?



Pertanyaan ini muncul ketika seorang blogger newbie ini merenungkan kegiatan ngeblog yang udah dijalanin 2 tahun lamanya. Optimasi sana sini, blogwalking, nyari backlink, sampai akhirnya bisa menghasilkan sebuah blog pemula yang tampilannya tak sedap dipandang ini, ajay-tipsgratis.blogspot.com.



Semua hal tersebut saya lakukan dengan niat yang tidak lain adalah menghasilkan uang dari blogging. Iklan dipasang agak "maksa" banget. Pokoknya pasang sebanyak-banyaknya. Kenyamanan pengunjung dinomerduakan. "Pokoknya, saya harus bisa monetizing blog ini semaksimal mungkin". Itulah prinsip pe-bisnis online amatir seperti saya.



Terkadang, saya suka merenungkan blog mengenaskan ini. Sebagai seorang remaja yang hobi dan passion terhadap dunia blogging, ingin rasanya saya bisa menjadi seorang blogger master. Setiap posting selalu dapat komentar, bahkan teman-teman blogger sampai berebut untuk menjadi yang pertamax. Dimana-mana dibicarakan, dihormati, blogger lain pun tak segan memberi backlink cuma-cuma.
Yah, itulah rasanya kalo jadi seorang artis blogger. Blog pun tidak perlu di"paksa" dengan me-monetize berlebihan. Toh profit pasti datang tetap rutin dari advertiser yang antri masang banner, review, dan lain-lainnya.
Sangat berlawanan dengan blog ini. Follower pun cuma 20-an dengan asumsi mereka cuma gak sengaja menemukan blog ini dan materinya agak sedikit menarik sehingga mereka iseng-iseng follow saya. Ibarat kata, follower datang akibat hukum alam melihat traffic blog ini yang lumayan. (lumayan kecil maksudnya). 1000-2000 visit/day, dapat follower 20.
Iklan dipaksakan di setiap sudut, jualan link, nekat terang-terangan dengan sadar bahwa google mungkin bisa menendang pagerank blog ini.
Siapa pengunjung blog ini? Banyak juga. Pengguna internet yang mencari referensi review hp terbaru, paket internet terbaru, tarif operator, dll.
Itulah pengunjung blog ini. Sekalipun tema blog ini adalah blog pemula yang membahas tips blogging, para blogger baik yang newbie maupun master jarang berkomentar. Jangankan mereka, saya juga males kalo berkomentar (membalas komentar) di blog ini. Loading berat akibat iklan yang menumpuk, bahkan banyak pengunjung yang kabur sebelum loading blog ini selesai.
Akhirnya saya berhenti membuat artikel blogging. Selain jarang mendapat apresiasi blogger lain karena kurang bergaul, blog ini juga sudah kuat di keyword tentang handphone, operator, gadget, dan sekitarnya.



Tapi itu berlawanan dengan bayangan blog saya 2 tahun lalu. Saya ingin bisa memberikan yang terbaik untuk pengunjung, disegani blogger lain, dan blog ini memiliki image tersendiri di kalangan Blogger Indonesia.
Tapi apa daya, semua ini bukan karena apa-apa, biaya operasional.
Saya tegaskan, saya cuma seorang remaja. Masih sekolah dan belum kerja. Maka dari itu lah saya monetizing blog ini mati-matian. Mungkin beda ceritanya jika penghasilan dari blog ini tetap. Mau tidak mau saya harus terima kenyataan pahit untuk siap dicap teman-teman blogger sebagai blogger matre. Toh bukan kemauan saya seperti ini.



Jika disuruh memilih, saya lebih memilih blog hanya sebagai hobi untuk menuangkan apresiasi dan iseng-iseng di-monetize. Itu bisa saja jika saya mempunyai penghasilan tetap dari dunia nyata. Sementara penghasilan saya selama ini bergantung dengan admob, adsense, dan situs iklan advertising lainnya di internet.
Kembali saya tegaskan bahwa saya blogger remaja. Saya juga masih dapat uang saku dari orang tua. Karena itu saya harus mencari penghasilan dari internet untuk mengganti dana yang saya gunakan untuk mengelola blog. Jika tidak terganti, alangkah bodohnya saya menghabiskan uang yang orang tua saya berikan. Selain itu, saya juga ingin membahagiakan orang tua saya dengan menunjukan kalo saya beda dari remaja lain. Saya ingin mandiri dan saya ingin buktikan kalo saya bisa menghasilkan uang dengan cara yang tidak biasa (bisnis online) di usia saya yang masih sangat muda.



Ya begitulah kondisinya. Selalu saja uang, uang, dan uang. Tapi semangat saya adalah semangat seorang blogger. Kelak, jika saya sudah mempunyai penghasilan sendiri entah dari dunia nyata atau dunia maya, saya akan mencoba kembali untuk memantapkan hobi ngeblog saya. Dan semoga saja nanti saya bisa jadi artis blogger. Insyaallah, amin...

0 komentar :

Poskan Komentar

Blog Archive