Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 08 September 2011

Tutorial Mobile Blogging (Ngeblog Dari Hp)

Wah, ini posting pertama saya tetang mobile blogging. Padahal, saya ini sudah cukup lama menjadi seorang blogger mobile. Nah, kali ini saya akan bahas lebih jauh tentang mobile blogging. Sobat pasti tau kan apa itu mobile blogging? Yup, betul... Mobile blogging itu bahasa keren dari ngeblog dengan handphone atau ngeblog via handphone. Ayo kita bahas lebih lanjut!!!


Apa Itu Mobile Blogging?
Mobile blogging, ngeblog dengan perangkat mobile. Bisakah? Tentu bisa dan yang saya bahas disini adalah ngeblog dari hp. Jadi, kita mengelola blog dengan menggunakan ponsel. Bikin posting, blogwalking, edit template, dan hal-hal lainnya menggunakan sebuah handphone dengan bantuan aplikasi tambahan.
Tidak seperti dengan komputer/pc dan laptop, ngeblog dengan handphone tentunya memiliki beberapa kelemahan dan keterbatasan. Tapi semua bukan tanpa solusi. Pasti ada jalan keluarnya kecuali sudah terbatas oleh kemampuan perangkat. Contohnya, mau lihat iklan flash idblognetwork dari hp. Ya nggak bisa lah, hehe.


Bagaimana Cara Ngeblog Dari Hp (Mobile Blogging)?
Untuk bisa melakukan aktifitas ngeblog menggunakan handphone, kemudahan tergantung dari hp yang digunakan. Semakin canggih ponsel, semakin bagus digunakan untuk blogging. Untuk bisa mulai mobile blogging, ada beberapa aplikasi yang wajib dimiliki.


Aplikasi Untuk Ngeblog Via Hp
Hal-hal yang bisa dilakukan dengan mobile blogging sangat tergantung dengan perangkat yang digunakan. Jika perangkat yang digunakan memiliki aplikasi-aplikasi pendukung yang bisa memudahkan melakukan berbagai aktifitas blogging seperti text editor (untuk buat posting secara offline), fitur copy-paste pada hp, dan browser hp yang lebih canggih.
Dan berikut beberapa aplikasi pendukung untuk mobile blogging. Saya hanya share jenis aplikasinya saja, bukan namanya. Karena aplikasi tergantung sistem operasi yang digunakan masing-masing handphone. Contoh untuk komputer, di windows ada winamp, di linux gmp. Begitu juga di handphone. Walaupun xplore (symbian) beda dengan mobiexplorer (java), tapi kegunaanya sama-sama sebagai file explorer.
Nah, berikut ini beberapa jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mobile blogging.


1. Browser
Aplikasi terpenting pertama adalah browser internet. Menurut saya, browser bawaan hp sangat tidak friendly untuk keperluan mobile blogging karena banyak sekali keterbatasannya.
Sementara aplikasi browser pihak ke-3 sudah cukup mumpuni untuk ngeblog via hp. Sekarang ini banyak sekali browser-browser canggih yang bisa diandalkan untuk mobile blogging seperti opera mini, ucweb, bolt, dll.
Untuk pengguna hp java, browser operamini bisa cukup diandalkan. Sementara pengguna hp symbian, browser ucweb paling pas untuk mobile blogging karena memiliki fitur lumayan lengkap seperti copy-paste, copy link address, new tab (multi tab), zoom image, dan save page (simpan halaman).
Fitur save page ini sangat penting jika opera mini tidak bisa digunakan untuk menyimpan halaman (terjadi pada beberapa hp). Dengan fitur save page, blogger bisa membaca tutorial, tips, trik, dan artikel blog lain kemudian disimpan sebagai referensi posting atau untuk panduan ngeblog.


2. File Manager/File Explorer
Aplikasi yang satu ini juga sangat penting. Banyak sekali aplikasi-aplikasi pengatur file atau file explorer baik untuk hp java ataupun symbian. Untuk hp java, ada mobi explorer. Sedangkan untuk hp symbian sangat banyak. Ada file explorer, x-plore, seleQ, file man, dll.
Apa fungsi aplikasi ini? Sangat banyak fungsi aplikasi yang satu ini. Nah, khusus untuk mobile blogger, aplikasi ini berfungsi untuk membuat posting/artikel secara offline, mengatur halaman disimpan, modif/edit template, dll.


Nah, dua aplikasi tersebut sangat penting untuk mobile blogging. Apalagi yang terbiasa dengan hp symbian. Gimana?? Apa sobat tertarik untuk bisa ngeblog dari hp? Kalo iya atau bahkan sudah melakukannya, selamat!!! Nah, silahkan tunggu update artikel selanjutnya dari ajay-tipsgratis.blogspot.com....

0 komentar :

Poskan Komentar