Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 30 September 2011

Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android - Ponsel pintar atau yang dikenal smart phone sudah tidak asing lagi bagi semua orang, karena ponsel pintar sudah menjadi barang kebutuhan bagi setiap orang dan penggunaannya pun tidak sulit. Hal ini kerap dilupakan oleh user (pengguna) terhadap daya tahan baterai ponselnya yang bisa menimbulkan masalah yang sering dijumpai, yaitu baterai boros. Tidak peduli apapun sistem operasi yang digunakan, masalahnya selalu sama. Apalagi bila ponsel terus terhubung ke internet. Ini juga terjadi pada Baterai Android.
Berikut beberapa tips untuk menghemat baterai ponsel Android anda. 
  • Tutup semua aplikasi yang tidak dipakai dengan back key.

  • Matikan auto sync yang ada di dalam setting Android. Bila push e-mail tidak diperlukan, matikan fitur auto sync dan lakukan sinkronisasi manual saat dibutuhkan. Caranya, buka Setting > Wireless & Networks > Mobile Networks, lalu hilangkan cek pada “Data Traffic”.
  • Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi saat tidak digunakan. Di ponsel Android, meskipun anda sudah menutup suatu aplikasi, kadang masih ada layanan dari aplikasi tersebut yang masih berjalan dan tak terlihat. Inilah yang membuat baterai jadi cepat habis atau low battery. Untuk memastikan layanan tak terlihat itu sudah berhenti, buka Setting > Applications dan pilih aplikasi yang ingin dimatikan.
  • Dari sisi tampilan, layar Android bias dibuat seatraktif mungkin. Apalagi dengan banyaknya pilihan widget. Matikan widget yang tidak diperlukan untuk menghemat baterai Android. Caranya, buka Settings > Sound & Display, lalu hilangkan cek pada Orientation, dan set Animation jadi “No Animations”. Jangan lupa untuk mempercepat waktu screen timeout dan tingkat pencahayaan layar ponsel.
  •        Unduh dan install aplikasi Juice Defender dari Android Market. Aplikasi ini menyediakan beragam pilihan setting, mulai dari normal, aggressive, hingga extreme, untuk menghemat daya.
     

0 komentar :

Poskan Komentar