Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 07 April 2009

Melacak Jejak Pengunjung Dengan Statcounter

Seneng banget rasanya bila kita sebagai blogger bisa melihat dan mengetahui gerak-gerik setiap pengunjung yang dateng ke blog kita, mulai dari asal dia dateng, melalui apa sehingga dia bisa nyantol ke blog kita, link-link apa yang dia klik dan lain sebagainya.

Buat kamu yang pernah buat blog dengan menggunakan jasa dari wordpress, tentunya untuk mengetahui jejak pengunjung ini sangat mudah sekali. kita tinggal log in aja di wordpressnya, setelah itu tinggal liat statistk.. maka langsung keliatan deh semua aktifitas yang dilakuin oleh pengunjung yang dateng.

Berbeda dengan menggunakan jasa blogger, untuk mengetahui pengunjung dan aktifitas yang dilakuin oleh pengunjung, kita terlebih dahulu kudu mintol (minta tolong..he) dari situs online penyedia statistik blog. dan khusus kali ini, statcounter adalah yang seneng banget sy pake, karna selain akurat, kita juga bisa liat semuanya mulai dari berapa yang dateng, jumlah page viewnya, link yang diklik pengunjung, keyword yg dipake buat masuk ke blog kita, dan buanyaakk lagi... ga percaya..? sok atuh dilanjut bacanya... hehe

Coba kamu liat di bawah ini adalah contoh dari salah satu statistik blog yang saya punya :

Gambar diatas hanyalah contoh layanan yang disediakan statcounter utk mengetahui jumlah dan page view pengunjung yang dateng ke blog kita. Untuk mengetahui keyword, popular pages dan yang lainnya kamu bisa liat di bagian "STATISTIC" di statcounter ini, liat deh di bawah ini.. di bawah merupakan layanan2 yang bisa kamu liat dengan menggunakan statcounter ini, mantap kan..!!!

Sy sendiri sebenarnya termasuk penggemar setia dari statcounter ini, hehe. sy selalu pasang di setiap blog yang sy punya.. yang blog ini , blog ini dan blog ini pun tak pasang statcounter juga..

Oke deh, biar g kelamaan dan g bikin penasaran.. langsung coba sendiri aja y.. caranya gampang kq..

1. Masuk dulu ni ke www.statcounter.com

2. Daftar atau REGISTER disana

3. Untuk mulai melacak jejak, kamu pilih "ADD NEW PROJECT"..

4. Isi informasi di "PROJECT SETTING"..

5. Terakhir, ambil kodenya.. lalu pasang di blog kamu.

6. "MISSION COMPLETE"

Setelah dipasang di blog, kamu udah bisa mulai melihat jejak pengunjung yang dateng. tinggal log in ja di statcounter.com dengan menggunakan username ma password yang kamu isi pada saat register..

"Dengan mengetahui jejak pengunjung ini, kita juga bisa gunakan sebagai bahan EVALUASI tentang blog kita yang tentunya diharapkan bisa menjadikan blog kita menjadi lebih baek untuk kedepannya.. "


Selamat mencoba..

0 komentar :

Poskan Komentar