Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 29 Maret 2009

Cara Memback-Up Template Blog

Buat kamu yang seneng banget edit-edit template blog, atau yang seneng baca tutorial blog dari trik yuwie ini (hehe kepedean..), kamu pasti ngga aneh jika khususnya ketika editing blog yang berhubungan dengan Edit HTML km sering membaca kalimat "Back Up Dulu Templatenya"..

Dari kalimat Back Up saja mungkin kamu dah bisa mengerti maksudnya, yups bener banget.. Back Up ini berfungsi untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, maksudnya supaya pada saat nantinya kita mengedit-edit template trus terjadi kesalahan edit atau apapun itu yang menyebabkan templatenya kacau, dengan back up maka nantinya template kita bisa dikembalikan seperti semula. begitu maksudnya...

Nah, untuk di blogspot.. cara untuk memback up template yaitu :

1. Log in dulu tentunya di blogger..

2. Pilih menu "Layout" ------ > " Edit HTML "..

3. Di bagian Edit HTML nanti kamu bakalan liat "Download Template Lengkap " atau " Download Full Template" di pojok kanan atas, ini nih gambarnya :



4. Kamu pilih itu, maka nanti biasanya akan tersimpan dalam bentuk XML

5. Simpan deh..

Usahakan kamu selalu Back Up Template pada saat editing, siapa tau aja kan terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan trus kita ngga tau lagi cara ngebailikinnya seperti semula.. sayang kan klo harus mulai lagi dari awal... hehe.. jadi mendingan "Back Up" dulu solusi amannya..

Nah, klo misalnya beneran kejadian hal yang tidak diinginkan tadi (Amit2 deh...hiks) trus kamu pengen ngembaliin template ke semula.. caranya kamu tinggal "Upload" aja template yang sudah di back up tadi.. key..

gampang kan...

0 komentar :

Poskan Komentar