Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 26 Juli 2010

Sumur Air Keluar Gas Berapi

Sumur Air Keluar Gas Berapi kejadian ini terjadi di di Lueng Keubeu Jagat, Nagan Raya, Sumur Air Keluar Gas Berapi Aceh ini bukan hanya mengeluarkan air tapi juga api yang menyala. Nyala api itu berada di antara air yang berwarna tak jernih dan berbau menyengat mengalir melalui pipa kecil.

Api menyala diduga berasal dari sumur bor yang mengandung gas dan minyak. Padahal sumur bor itu baru dibuat sepekan lalu di rumah milik Abdul Gani. Di ujung pipa plastik itulah yang apabila aliran airnya disulut dengan korek atau pemantik, langsung menyala. Fenomena itu membuat warga ketakutan dan resah. Mereka khawatir akan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, misalnya kebakaran hebat atau ledakan disebabkan gas yang tersulut api.

Serambi Indonesia, Senin (26/7/2010), melaporkan, kondisi ini membuat Abdul Rani dan tetangganya tidak nyaman untuk tinggal di rumah karena khawatir meledak. Semburan air yang diduga mengandung minyak dan gas tersebut hingga kini terus keluar dan mereka tampung dengan wajan kecil.


Ia mengaku tak berani menutup sumber air yang mengalir di sumur bor baru itu, karena takut tekanan gas dan kemungkinan juga minyak yang kini berada di dalam kamar mandinya itu akan meledak.

Menurut Abdul Rani, sebelum peristiwa itu terjadi, beberapa pekerja yang mengebor di dalam rumahnya sempat kaget, saat besi kelima yang ditancapkan ke dalam tanah tiba-tiba menyemburkan air ke udara setinggi 20 meter lebih.

Melihat kejadian yang tak biasa itu, para pekerja langsung menghentikan pengeboran guna menghindari kemungkinan terburuk. Sebagai pemilik rumah, Abdul Rani pun cemas luar biasa.

Ia terkejut bukan kepalang karena di ujung pipa itu menyembur api, lalu membakar sebagian pipa plastik tempat mengalirnya air. Yang lebih membuat ia kian takut adalah pada air sumur di rumahnya itu kini mulai timbul gelembung kecil yang mengindikasikan adanya kandungan gas berasal dari dalam tanah.

Gelembung itu terus saja muncul, sehingga Abdul Rani khawatir tanah yang ada di rumahnya itu amblas disebabkan pergerakan gas.

0 komentar :

Poskan Komentar