Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 03 Mei 2009

Membuat Kotak Blogroll di Blog

Buat kamu yang gemar tukeran link dengan blogger lain, mungkin tidak akan menjadi masalah ketika link-link yang masuk yang akan kita pasang di blog hanya sedikit. jikalau banyak banget... repot juga kan, nanti blognya ga enak dipandang gara2 kebanyakan link, trus keliatannya sesak / sumpek oleh link-link yang kita pasang tadi..

Nah, untuk itu salah satu solusi agar kamu bisa tetep bisa tukeran link dengan sesama blogger tanpa membuat sumpek blognya, sehingga bisa tetap nyaman untuk diliat, kotak blogroll inilah solusinya. Kotak blogroll ini sy pake di blog trik yuwie ini, kamu bisa liat di bagian kanan bawah blog ini, yang judulnya " LINK SOBAT ".. kurang lebih seperti itulah tampilan kotak blogrollnya.

Kotak blogroll ini saya buat ala text area, (klo ga salah pernah sy buat info tentang membuat text area disini..) , tapi buat kamu yang sering berkunjung ke blog lain biasanya ada juga yang memakai kotak blogroll dengan gadget terbaru dari blogger yaitu " DAFTAR BLOG " atau
bahkan dengan menggunakan ala berjalan (marque).. oke deh, ini satu2 tak jelasin...

1. Ala Text Area

Ini kan contohnya udah ada yang kebetulan sy pake di blog ini (diliat di gadget LINK SOBAT), klo pengen bikin kotak blogroll kaya gini, tinggal masukin aja kode di bawah ini :

<div style="border: 1px solid rgb(153, 153, 153);
overflow: auto;
width: 300px;
height: 100px;
text-align: center; ">

Link 1 | Link 2 | Link 3 | Link selanjutnya....


</div>


Keterangan :

Border : Buat mengatur tebal garis (bisa diganti sesuai kebutuhan)
Width : Mengatur lebar kotak blogroll
Height : Mengatur tinggi kotak blogroll

2. Ala Daftar Blog

Model seperti ini, caranya gampang banget.. cukup masuk ke blogger, lalu pilih "TATA LETAK" ------> "Add A Gadget" ------> "Daftar Blog" , udah deh tinggal masukin link blogrollnya disitu.. hasilnya kaya di bawah ini :

Gampang kan klo yang ini,.

3. Ala Marquee (berjalan)

Ini klo kamu suka yang aga bervariasi, yaitu blogrollnya bisa berjalan,. cara buatnya :


<marquee align="center" direction="left" scrollamount="3" width="60%" height="100">

Link 1 | Link 2 | Link 3 | Link selanjutnya...

</marquee>


Keterangan :

1. Direction "Left" ---> text akan bergerak ke kiri, kamu bisa ganti "right(klo pengen gerak ke kanan)", "up(Gerak ke Atas)" atau "Down(Gerak ke bawah)"
2. scrollamount="3" ---> Kecepatan geraknya, bisa km ganti juga..
3. width ---> Batas horizontal marquee kotak blogrollnya
4. Height ----> Batas vertikal marque kotak blogrollnya...

Sudah bisa kan sekarang.

menurut pengalaman, biasanya ada juga yang ngga tau dimana kita masukin tanda seperti ini | (pembatas) , he he. padahal sebenernya cukup liat di keyboard aja, letaknya biasanya ada di atas "ENTER".. disitulah letaknya..

Selamat mencoba y kawan..

0 komentar :

Poskan Komentar